Mengingat harga laptop yang tidak murah, sangatlah wajar jika Penjual laptop ingin melindungi perangkat agar tidak cepat rusak. Salah satu caranya adalah dengan memastikan garansi yang didapatkan saat berbelanja. Maka dari itu, mau tak mau kamu harus mengetahui seluk beluk dan serba serbi garansi laptop sebelum membeli.
Garansi merupakan jaminan terhadap kualitas laptop. Hal ini berguna bila sewaktu-waktu laptop kamu bermasalah. Kalau tak mau menyesal di kemudian hari, simak beberapa tips ini untuk mengetahui apakah garansi laptop yang Anda keluarkan oleh produsen resmi atau tidak
· Cek status garansi Mengingat produk bisa diperoleh dari banyak pihak, Anda harus memastikan laptop tersebut berasal dari mana. Dalam perangkat elektronik, ada dua jenis garansi yang dikenal yaitu garansi produsen resmi dan garansi distributor atau toko. Lalu, bagaimana cara mengetahui tipe garansimu?
· Cek kelengkapan fisik Segera cek kartu garansi perangkat, ya ! Pada perangkat berlabel garansi resmi, akan disertakan garansi kartu beserta informasi tempat service center yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, garansi resmi juga mencantumkan informasi importir atau produsen dan memasang stiker penandaan “Garansi” pada boks luar kemasan.
· Cek online Beberapa produsen juga telah melengkapi perangkatnya dengan serial number . Serial number adalah kode unik yang berisikan segudang informasi tentang perangkat, termasuk status garansi. Untuk mengeceknya, masukkan serial number laptop di situs resmi produsen. Selain untuk mengetahui keaslian garansi, melakukan cek garansi juga bisa membantu Anda mengetahui berapa lama sisa masa garansi yang berlaku
Ketahui batas waktu garansi
Saat hendak membeli laptop, selidiki masa berlaku garansi. Masa waktu garansi yang diberikan umumnya bervariasi, mulai dari 1 tahun, 2 tahun, atau lebih. Meskipun demikian, standar garansi laptop berlaku 1 tahun tergantung mereknya dan tipenya. Jadi, bila ada toko yang memberikan garansi laptop hanya dalam rentangan minggu atau bulan, sebaiknya dipertimbangkan kembali untuk membeli perangkat tersebut.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah layanan perpanjangan masa garansi. Layanan ini umumnya hanya ditawarkan oleh garansi resmi sebagai pilihan bagi pengguna untuk melanjutkan atau memperpanjang jangka waktu garansi setelah masa garansi standar produk habis. Meski Anda akan dikenakan sejumlah biaya ekstra, tapi ini cara ini memastikan Anda berhak menikmati penggantian suku cadang dan layanan perbaikan selama masa garansi berlaku.
Apa yang tercakup dan tidak dalam layanan garansi?
Apakah kamu tahu masalah laptop apa saja yang di-cover oleh garansi?
Mayoritas garansi resmi laptop akan men-cover masalah perangkat keras
yang rusak secara tidak disengaja, seperti keyboard rusak, masalah monitor,
atau masalah lain akibat cacat dari pabrik.
Sebaliknya, kerusakan atau kehilangan data adalah hal yang tidak masuk dalam
garansi. Layanan garansi juga tidak mencakup permasalahan perangkat lunak,
kasus pencurian, atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna.
Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui garansi yang akan didapatkan untuk laptop
yang dibeli dengan membaca syarat dan ketentuan yang tertulis di kartu garansi.
Jadi, sebagai konsumen, wajib hukumnya untuk mengetahui produk yang akan
dibeli, termasuk status garansi. Karena, kamu pasti ingin produk yang dibeli
dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, kamu juga dapat menghemat
biaya untuk hal perbaikan atau pemeliharaan produk.
Sebagai contoh,salah satu brand yang sangat populer di Indonesia,
Acer sudah paham betul akan kondisi tersebut. Maka itu, Acer nggak hanya
menghadirkan inovasi di setiap produknya, tetapi juga memberikan jaminan
layanan purna jual sebagai solusi bagi setiap permasalahan pengguna secara
lengkap.
Saat ini, Acer punya jaringan pusat servis di 101 lokasi yang tersebar di 83
kota di Indonesia, lho! Ini berarti, kamu dapat mendatangi Acer Customer
Service Center (ACSC), Acer Customer Service Point (ACSP), atau Authorized
Service Provider (ASP) terdekat di kotamu untuk mendapatkan pelayanannya. Acer
juga memaksimalkan pelayanannya tetap di hari minggu, serta menghadirkan program
On site Service sebagai personal technical yang selalu siap
melayani pengguna langsung di lokasinya.
Lebih dari itu, Acer turut mengembangkan layanan kontak pengguna mengikuti
perkembangan dunia digital. Kamu bisa berkomunikasi online dengan dr.
Acer selama 24 jam nonstop memanfaatkan layanan Whatsapp di 0855-133-2237 dan hotline
Acer Contact Center 1500-155. Bahkan, bila memiliki keluhan terhadap perangkat,
kamu dapat bertanya atau konsultasi secara real time melalui berbagai channel
media sosial Acer dan email di acerpeduli@acer.com.
Yang lebih menarik, inovasi layanan purna jual Acer juga dibuktikan dengan
menyediakan Acer Care Extended Warranty atau perpanjangan garansi dengan
tambahan biaya. Bahkan, Acer memastikan stok suku cadang produknya terjamin agar
setiap permasalahan perangkat bisa diselesaikan tepat waktu. Kamu pun bisa
terus update perbaikan perangkat secara regular lewat layanan self
check di acerpartners.com/trackid.
Saatnya kamu cerdas mengetahui detail
garansi laptop yang akan dibeli, agar kamu nggak menyesal di kemudian hari,
bukan?
Terima kasih..Salam..
1 Komentar
ini blog rame amat ych,, sama keknya orangnya, rame dan kocak, service recom dah
BalasHapus